Ads 468x60px

Click Advertise on My Blog

Resolusi Untuk Design Spanduk

contoh design spanduk
Cara membuat desain spanduk untuk dicetak secara digital, saya masih beranggapan bahwa semakin tinggi resolusi yang di gunakan maka semakin bagus hasilnya. Anggapan itu sebenarnya tidak salah. Secara teori, di dunia cetak mencetak, memang demikian adanya. Namun, dalam prakteknya, hanya menggunakan resolusi antara 50-60 pixel/inch.

Mengapa demikian?

Mengenai resolusi yang diperlukan untuk desain spanduk digital, kenyataannya memang tidak perlu lebih dari 60 pixel/inch. Ada beberapa alasan yang melandasi hal tersebut, yaitu :
  1. Spanduk adalah media luar ruang (outdoor), yang nota bene akan dilihat dari kejauhan. Karenanya, cara melihat dari jarak jauh itu tidak memerlukan resolusi yang besar melainkan cukup 60 pixel/inch. Meskipun angkanya kecil, namun jika dari kejauhan akan tetap terlihat bagus/tajam hasilnya.
  2. Resolusi yang melebihi 60 pixel/inch (apalagi sampai 300 pixel/inch), hanya akan membuat dokumen menjadi berat dan prosesnya akan lambat. Karena itu, walaupun kita membuat resolusi yang tinggi karena ingin hasil yang tajam, tetap saja operator yang ada di penyedia jasa digital printing akan menurunkannya hingga 60 pixel/inch.
  3. Mesin digital sudah mempunyai resolusi sendiri, dan bermacam-macam DPI hingga 1441 x 720, 1200x600, 600 x 600 dst
Itulah yang menurut saya menjadi alasan para penyedia jasa digital printing menggunakan resolusi 60 pixel/inch.  Jadi setelah mengetahui hal tersebut, selanjutnya gunakan saja resolusi 60 pixel/inch jika ingin mendesain spanduk digital. Juga merasa terbantu karena dengan resolusi seperti itu, pekerjaan menjadi lebih cepat prosesnya.

2 komentar: